Tips Merawat Tas Wanita agar Lebih Awet

tips merawat tas
Tips merawat tas
Bukan hanya kulit yang perlu dipelihara agar seorang wanita tampil awet muda dan tentu saja tetap cantik, akan tetapi tas pun harus tetap dirawat agar bisa bertahan lama.

Walaupun hanya sebagai assesoris perlengkap saja, tas merupakan aksesoris wanita yang cukup penting untuk kesempurnaan penampilan. Selain manfaat dan fungsinya, tas dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri anda. Sebagai wanita, anda tentu tahu sendiri bagaimana asesoris mendukung penampilan, tidak hanya sekedar bermodal kecantikan alamiah bukan????

Untuk itu, kami ingin berbagi tips bagaimana merawat tas wanita sehingga tetap awet. Berikut tips kami;


1. Hindari air

Air memang memiliki sifat membersihkan. Namun, beberapa benda "phobia" dengan air, artinya dia akan mudah rusak jika terkena air dalam jumlah berlebih atau sering. Misalnya tas anda terkena air tanpa disengaja segera keringkan dengan lap kering dan bertekstur lembut.

Air yang menempel pada bahan tas jika tidak dibersihkan akan merusak, apalagi untuk tas berbahan kulit. Tas yang terkena air langsung disimpan begitu saja membuat jamur bisa tumbuh. Jika akhirnya tas anda berjamur, hilangkan dengan cara menggosoknya dengan lap bertekstur lembut. Kalau bercak putih itu ada di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus lalu gosok dengan lap kering. Anda bisa pakai sabun khusus kulit atau krim pembersih khusus untuk kulit, keduanya dapat diperoleh di pasar swalayan. Agar mengkilap, gosoklah dengan kain lembut.


2. Menghindari jamur

Jika tas disimpan di lemari, gunakan produk anti lembab seperti kamper atau silica gel yang bisa dibeli di apotek. Letakkan di dalam tas agar tidak berjamur. Lemari tempat anda menyimpan tas pun harus anda berikan kamper / penyeap kelembapan lainnya. Ini sangat penting, sesekali juga anda harus membuka lemari anda, agar sirkulasi udaranya dapat berganti dengan uadara baru, lemari yang telalu lembab pun tidak baik dan juga dapat merubah aroma kulit dr tas anda menjadi bau apek, sangat disayangkan bukan?


3. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu lama.

Ternyata, bukan hanya kulit yang bisa rusak jika didera panas matahari dalam waktu lama. Paparan sinar matahari juga dapat merusak permukaan kulit tas, misalnya pecah-pecah atau terlihat seperti retak.

Untuk tas wanita berbahan kulit, sebagai penanggulan pertama perawatan, sebaiknya anda memberikan lotion ataupun butte cream pada keseluruhan genuine leather anda. Lakukan sedikit tekanan-tekanan ringan agar lotion benar-benar menyerap sempurna ke lapisan genuine leather anda. Lalu ambilah handuk/kain lembut untuk meratakan semua lotion yang sudah tetempel di genuine leather anda, gosok hingga genuine leather anda tidak lengket dengan lotion, lalu angin-anginkan sebentar, lalu simpan kembali kedalam sarung tas anda.


4. Kulit vs Plastik

Jangan simpan tas kulit menempel atau dekat dengan tas dari bahan plastik. Tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit. Akibatnya, bisa muncul noda pada tas yang terlihat seperti kena jamur. Kalau sudah begini tas anda akan terkena noda yang sulit dihilangkan.


5. Menghindari binatang kecil (Ngengat)

Hati – hati bagi anda yang menyimpan tas didalam lemari kayu, ada beberapa binatang kecil yang sangat menyukai tinggal di dalam lemari pakaian dari bahan kayu, seperti tungau, rayap dll

Sering-seringlah membongkar isi lemari, keluarkan semua koleksi tas anda, kosongkan lemari, dan gunakan minyak kayu yang seperti vernish kayu, jangan hanya bagian luar saja yang kita lap, tapi dalam-dalamnya juga dan jangan lupa memperhatikan celah di lemari kayu anda. Diamkan sementara waktu hingga bau cairan tersebut tidak terlalu menyengat lagi, agar tidak terserap kedalam bahan tas.

Selain itu seperti yang saya tulis diatas, jangan lupa menaruh kamper/penyerap lembab didalam lemari anda. Lakukan hal seperti ini sebulan sekali. Binatang kecil akan memakan lapisan karet yang ada disetiap tas kita.


Apa anda punya pengalaman dan tips lain ??? ayo kita saling berbagi disini ;)